Amalan hari jumat untuk wanita haid

Amalan hari jumat untuk wanita haid

Amalan hari jumat untuk wanita haid

Walaupun dalam keadaan haid ternyata para wanita masih bisa melakukan amalan-alaman yang baik dalam agama islam. berikut ini amalan yang baik di lakukan pada hari jumat oleh seorang wanita yang sedang haid.
Amalan hari jumat untuk wanita haid

Amalan hari jumat untuk wanita haid 

1. Berdzikir
Wanita yang sedang haid ternyata di perbolehkan melakukan dzikir kane dengan berdzikir kita tidak membiarkan lisan kita lalai akan mengingat allah sang pencipta serta tidak melakukan hal yang sia-sia. dengan berdzikir  selain bisa mengingat kita kepada allah juga menentramkan hati juga mendatangkan pahala yang banyak kepada kita.

2. Ihram
Amalan yang kedua yaitu ihram“Menjadi kewajiban bagi manusia terhadap Allah, mengerjakan haji di Baitullah, yakni bagi orang-orang yang mampu mengunjunginya,” (Ali Imran: 97)Namun terkadang wanita terhalang haid, sehingga ada beberapa hal yang tak boleh dikerjakan seperti melakukan thawaf dan dua rakaat shalat thawaf. Selain itu semua manasik haji boleh dikerjakan oleh wanita haid dan nifas. Jadi wanita yang dalam keadaan haid dan nifas boleh melakukan ihram. Seperti disebutkan dalam sebuah hadits Aisyah x yang meriwayatkan kasus Asma’ binti Umais. Asma’ melahirkan di Syajarah. Lalu Rasulullah n menyuruhnya mandi dan sesudah itu langsung ihram.

3. Menghadiri majelis ilmu
Selain hal-hal yang disebutkan di atas, kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah menghadiri majelis ilmu/ta’lim selama majelis tersebut tidak berlangsung di masjid. Hal ini disebabkan larangan bagi wanita haid untuk masuk ke masjid.

Selama majelis tersebut bebas dari tabarruj dan ikhtilat serta bermanfaat, alangkah baiknya mengisi waktu dengan hal-hal bermanfaat. Kegiatan ini juga menghindarkan kita dari angan-angan kosong atau sekadar melamun tanpa guna atau membiarkan waktu terlewat tanpa guna. Berkumpul bersama orang-orang shalih, membaca buku-buku yang bermanfaat, mendengarkan murajaah bacaan al-Quran juga mengandung nilai-nilai ibadah. Tak hanya itu, melakukan tugas harian sebagai istri dan ibu yang baik selama dilakukan dengan tulus juga bermakna ibadah. Insyaallah bisa menjadi pengisi pundi-pundi amal kita, meski kita tengah terhalang fitrah haid.
Baca Juga : 30+ Contoh Materi Kultum Ceramah Ramadhan Singkat Terbaik
Memang, mungkin kita tak bisa meniru amal ibadah para muslimah pada masa terbaik (zaman Nabi), namun setidaknya jejak semangat mereka dalam beramal masih tetap tertinggal di dada para muslimah, meski tengah berhalangan saat haid, semampu kita. Insyaallah.

Nah itulah amalan yang bisa di lakukan oleh wanita yang sedang haid.

Buka Komentar

No comments

Terimakasih untuk semua sahabat yang sudah mampir di blog sederhana ini