Kegunaan dan Manfaat Teknologi Informasi Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Kegunaan dan Manfaat Teknologi Informasi Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Kegunaan dan Manfaat Teknologi Informasi Dalam Kehidupan Sehari - Hari

proses Teknologi Informasi kehidupan sehari hari

Apa itu Teknologi Informasi?


Diantara dari semua definisi yang ada, menurut saya Teknologi informasi itu merupakan suatu implementasi ataupun pengembangan dan perancangan suatu aplikasi yang akan membantu manusia dalam menyimpan, mengubah, menyimpan, maupun menyebarkan sebuah informasi.

Teknologi ini telah dikenal jauh – jauh sebelum ilmu sains dan teknik. Karena sebuah teknologi informasi sering dikaitkan dengan suatu penemuan baru yang lebih mempermudah dari penemuan lama. Contohnya walaupun penemuan yang sudah sangat lama misalnya seperti roda, maka masih juga disebut sebuah teknologi karena lebih memudahkan dari yang lama berupa delondongan kayu.

Dalam setiap saat, mungkin kita tidak akan pernah lepas dari perannya sebuah teknologi informasi. Dari contoh kecilnya yaitu disaat Sobat memakai sebuah Handphone dalam hal untuk menjelajah jaringan sosial. Nah Handphone tersebut merupakan salah satu dari jenis teknologi informasi yang lain selain dari TV, Komputer, dan perangkat elektronik lainnya dalam rumah tangga.

Dari sekian banyaknya jenis – jenis teknologi informasi, tetapi manfaatnya pun tidak kalah banyak saingnya. Namun sebelum melihat manfaatnya , ada baiknya kita coba lihat dulu dari dampaknya perkembangan teknologi informasi itu sendiri bagaimana. Kita dapat melihatnya dari berbagai sumber, mulai dari peningkatan kemajuan efisiensi kehidupan manusia, baik itu secara individu , dalam badan usaha , maupun dalam suatu kelompok. Dengan adanya kemajuan dari teknologi informasi terebut maka kita bisa merasakannya dari lebih mudahnya terbantu kegiatan kita dalam hal irit tenaga, hematnya waktu, maupun biaya dan lain sebagainya. Sehingga membuat peningkatan pada hasil dari hal jerih payah yang kita laksanakan.

Manfaat dari teknologi informasi


Manfaat teknologi informasi ini secara umumnya yaitu :
  • Terbukanya peluang bisnis baru secara alami.
  • Terciptanya suatu lapangan pekerjaan baru.
  • Terciptanya peningkatan suatu layanan informasi dari jarak jauh dalam hal bidang kesehatan(telemedicine).
  • Adanya peningkatan kuantitas maupun kualitas suatu pelayanan publik.
  • Memudahkan kita untuk mendapatkan informasi dalam melakukan komunikasi.
  • Mudahnya pembentukan e-Learning yang bisa di manfaatkan sebagai sarana dalam memperbaiki system dalam pendidikan.
  • Bisa memperkaya pengetahuan serta ilmu dalam berbagai bidang boleh jadi termasuk dalam aspek kebudayaan.
  • Dan proses demokrasi akan terdorong dalam berbagai hal.
Untuk berbicara tentang manfaat teknologi informasi yang begitu luasnya, Dunia IT sangat kesulitan untuk menjelaskannya secara satu persatu dengan detail. Namun dibalik manfaat teknologi informasi ini secara umum, juga ada beberapa yang sudah kita rasakan dalam berbagai bidang, baik itu dalam bidang pemerintahan, bidang pendidikan , bisa saja untuk yang mendidik maupun untuk peserta didik, dan lain sebagainya.

Sebagai tambahan untuk pengetahuan sobat , di bawah ini akan saya paparkan beberapa manfaat teknologi informasi yang lain dengan berdasarkan bidang – bidang yang kerkaitan.
Silahkan disimak :

Dalam Bidang Pendidikan
Teknologi Informasi yang ada dalam pendidikan

Dengan adanya teknologi e-learning , maka dalam kegiatan belajar-mengajar yang seperti biasanya kita temui di dalam sebuah ruangan kelas, namun sekarang bisa dilakukan secara virtual, maksudnya yaitu dalam hal belajar - mengajar ini, seorang guru hanya perlu mengajar dengan bantuan dari sebuah komputer yang berada di suatu tempat, sedangkan dengan para siswanya bisa mengikuti pelajaran yang bersangkutan tersebut dari komputer yang lain maupun di tempat yang berbeda pula. Dalam perihal ini, bisa dibilang secara langsung antara pengajar dengan yang belajar tidak saling berkomunikasi, tetapi secara harfiah tidak langsung keadaan mereka itu merupakan saling berinteraksi dalam waktu yang sama.

Maka semua proses belajar - mengajar bisa dilakukan hanya melalui bantuan dari sebuah komputer yang terhubung pada jaringan internet. Segala fasilitas yang biasanya kita temui di dalam sebuah ruangan sekolah, kini dapat tergantikan fungsinya hanya dengan menu - menu yang terpapar di layar monitor komputer. Dan pula materi pelajarannya pun bisa didapatkan langsung hanya perlu mendownloadnya berupa dalam dalam bentuk file-file yang tersedia. Begitupun jikalau mau adanya interaksi antara pengajar dengan yang belajar dalam hal misalnya pemberian tugas, maka bisa di diskusikan lebih efektif melalui forum - forum diskusi maupun e-mail.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya teknologi informasi dalam bidang pendidikan.

Untuk Peserta didik
  • Segala pengetahuan yang bisa di cari dapat dengan mudah diakses dan ditemukan, umpamanya saat mempelajari mengenai persiapan diri dalam SNMPTN secara online, sebelum sampai saat menghadapi seleksi yang sebenarnya.
  • Mereka tak mungkin lagi akan ketinggalan apa saja informasi yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah, umpanya mengenai sejarah – sejarah , budaya suatu daerah, dan lain – lain sebagainya.
Untuk yang mendidik
  • Mereka akan memungkinkan untuk dapat menjangkau peserta didik yang mungkin agak di perdalaman dengan menghubungkan program virtual dalam pembelajaran.
  • Akan mempermudah dalam penyampaian materi dalam pembelajaran untuk peserta didiknya.
  • Adanya e-Library yang bisa mempermudah sekaligus mengurangi pembiayaan dalam penyediaan buku pada perpustakaan
  • Dan lain – lain sebagainya.
Dalam Bidang Telecenter Bagi Masyarakat
  • Bisa membantu kalangan masyarakat dalam hal mengembangkan perdagangannya yaitu melalui sebuah system e-Commerce.
  • Bisa menjadi sebagai sumber informasi dan bahan untuk belajar.
  • Dapat menumbuhkan wujud jiwa kewirausahaan seperti dalam hal memasarkan sebuah produk dengan secara online.
  • Dapat menjadi suatu sarana Dalam tinjauan market secara luas dengan dilalui dalam produknya.
  • Dalam informasi tentang kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih makmur akan tercapai.
Dalam Bidang e-Commerce
Teknologi Informasi dalam bidang bisnis
  • Untuk konsumen bisa memilih barang yang akan dipilih secara lebih luas, dengan pilihan yang banyak.
  • Bagi perusahaan tidak usah lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membuka cabang untuk distibusi barang.
  • Biaya yang dikeluarkan untuk hal marketing plus gaji karyawan akan lebih ringan.
  • Penghematan waktu sekaligus biaya transportasi dikarenakan tidak perlu lagi untuk mendatangi ke TKP langsung.
  • Dan biasanya harga barang akan relative lebih murah dalam hal kasus - kasus tertentu.

Berikut ini, selain dari berbagai manfaat teknologi, terdapat juga beberapa hal efek yang berpunca dari berbagai kemajuan teknologi informasi di dalam kehidupan masyarakat yang sebaiknya perlu sobat tahu.

Diantara Efeknya yaitu :
  • Di dalam lingkungan dunia kebisnisan serta perusahaan industri, bayak sekali software software aplikasi seperti halnya pengolah kata, pengolah angka, data, maupun pengolah database digunakan.
  • Bagi para designer atau perancang akan lebih terbantu dalam hal membuat tercipta karyanya yang lebih unggul karena keakuratan gambarnya mendekati asli, karena sudah dibantu dengan adanya software software pendukung seperti Coreldraw, AutoCad dan sebagainya.
  • Pilot – pilot dalam pesawat terbang akan lebih terbantu dengan terwujudnya system pengendalian penerbangan.
  • Dengan terciptanya internet, maka ponsel maupun alat komunikasi lainnya akan lebih mudah digunakan dalam berkomunikasi dari jarak jauh.
  • Dalam dunia perbankan, internet banking sudah berubah sangat drastis dengan ditemukannya kartu kredit, ATM, maupun ponsel.
Dalam bidang Wirausahaan/Bisnis
Dalam mencapai suatu kesuksesan dan tujuan dari perusahaan , teknologi informasi sangat banyak sekali pemanfaatannya untuk pendukungan serta memproses suatu bisnis. Bagi perusahaan yang menolak adanya teknologi informasi dalam bisnisnya, maka biasanya akan terlihat seperti ketinggalan jaman karena sudah menolak suatu efisiensi.
Dengan adanya teknologi informasi dalam sebuah perusahaan, maka segalanya akan terasa lebih mudah, disamping dengan adanya juga resiko – resikonya. Tetapi selama yang mengontrolnya bisa bekerja dengan semaksimal mungkin, maka resikonya dapat diatasi dan dikendalikan dengan mudah.
Berikut ini merupakan berbagai hal yang bisa menguntungkan sekaligus bermanfaat dalam fungsinya teknologi informasi bagi Dunia bisnis atau kerja :
  • Mudah dalam melakukan pemasaran serta publikasi.
  • Dapat menjalankan suatu sistem Applikasi yang berintegrasi dari segala tempat.
  • Bisa dengan mudah melakukan telekomunikasi dengan mengeluarkan biaya yang lebih murah.
  • Barangnya dapat dijual langsung secara online.
  • Mudahnya untuk melakukan penyebaran pemberitahuan untuk para pegawai.
  • Dapat mempermudah sebuah manajemen dalam membaca suatu informasi dari salah satu sumber.
  • Mudahnya dalam perdagangan dengan klien yang berada di luar negeri.
  • Mampu dalam mencari serta mengganti Karyawan / Pegawai baru melalui internet.
  • Bisa untuk berinteraksi dengan segala konsumen yang akhir – akhir maupun agen – agen distribusi.
  • Dan intinya si karyawan akan mempunyai sebuah fasilitas tambahan dalam waktu senggang.
Tak ada salahnya dalam mencoba mengadopsikan teknologi informasi dalam sebuah perusahaan atau usaha yang kita kelolakan. Cuma tinggal dari kita saja selanjutnya dalam menyesuaikan pemakaiannya ditambah lagi dengan kondisi kita.

Dalam Bidang Manajemen Kesehatan
  • Teknologi informasi dapat membantu dalam pembuatan sebuah sistem klasifikasi pasien dengan berupa bantuan alat dari komputer , misalnya bisa membantu dalam hal penentuan jumlah tenaga perawat di dalam ruang pasien yang dibutuhkan.. Sistem klasifikasi pasien juga merupakan sebuah sistem yang bisa membantu pihak tertentu dalam menentukan kebutuhan perawatan pasien berdasarkan pengelompokan perawat yang dibutuhkan.
  • Membantu dalam hal membangun suatu system informasi dalam rumah sakit secar lebih luas, karena sangat menolong dalam adanya pertukaran informasi antara satu rumah sakit dengan yang lainnya.
  • Dalam alat batu rekam medik, sangat membantu untuk penerapan rekam medis. Yaitu dalam menghimpun segala bentuk database demografis rumah sakit, serta seluruh aktivitas manajemen pasien yang ada. Dapat dilakukan dalam bentuk informasi digital berbasis teknologi akan menghimpun segala data klinis pasien yang berasal dari hal pemeriksaan dokter, diagnose radiologi, maupun konversi dari hasil laboratorium klinis.
  • Berkembangnya e-Health di Rumah Sakit, Misalnya dalam penerapan pengembangan program untuk membantu dokter, perawat , maupun tenaga kesehatan lainnya. Mereka semua akan bisa menukar informasi secara elektronik, dan mengambil data dari rekam medis pasien manapun diperlukan.
  • Dan melakukan kolaborasi dalam memberi layanan pada jasa kesehatan secara real time melalui internet.
  • Membantu dalam melakukan manajemen oleh perawat, Teknologi informasi dalam SIKM, kegunaannya bisa untuk membantu perawat dalam mendata seorang pasien, mengklasifikasikan data pasien, catatan secara personal mengenai riwayat dari penyakit pasien serta dengan memberi laporan bertahap mengenai keadaan dan kondisi dari pasien yang sedang dirawat.
Nah begitulah beberapa kegunaan dan manfaat Teknologi Informasi dalam berbagai kehidupan sehari - hari

Dengan ini maka saya dapat menarik sebuah kesimpulannya yaitu:
Dengan semakin jauh dan cepatnya dalam perkembangan ilmu Teknologi Informasi maka akan menuntut manusia seperti kita untuk mencoba dalam membuat suatu perubahan dalam berbagai jenis kehidupannya yang bertujuannya untuk membuahkan hasil maupun kondisi terbaik yang bisa dicapainya. Dengan ada Banyaknya sektor kehidupan, maka dapat diharapkan mampu membuka inovasi baru bagi kita untuk menciptakan suatu hal yang baru dalam memajukan peradaban kondisi manusia.
Buka Komentar

No comments

Terimakasih untuk semua sahabat yang sudah mampir di blog sederhana ini