15 Tips hemat anak KOS Terbaru

15 Tips hemat anak KOS Terbaru

15 Tips hemat anak KOS Terbaru

kali ini mayuf.com akan membagikan tutorial spesial buat anak kos. dimana hidup anak kos yang serba pas-pasan makan kalo ga pake mie ya telur tiap hari makanya admin mau memberi tips hemat buat anak kos agar bisa bertahan hidup untuk bulan selanjutnya hhe. langsung saja yuk 
15 Tips hemat anak KOS Terbaru
15 Tips hemat anak KOS Terbaru

15 Tips hemat anak KOS Terbaru

1. Cari kos yang harganya murah.
Tips yang pertama wajib buat anak kos jadi untuk mencari kos-kosan harus dengan harga murah tapi fasilitas mewah ya gan hhe. Kos murah juga harus diperhitungkan unsur K3 nya, yaitu Keamanan, Kebersihan, dan Kesehatan. Ketiga unsur tersebut nantinya akan sangat berpengaruh terhadap proses belajar anda kedepannya.
2. Cari teman kos yang perhatian
Menjadi anak kos yang individualis sungguh tidak akan menguntungkan anda. Bersosialisasi lah dengan teman seangkatan atau teman sekampus untuk diajak ngekos bersama, karena sekamar jika ditempati berdua tidak hanya akan menjadi lebih murah karena bisa patungan. akan ada saat dimana anda sangat mengandalkan bantuan teman sekamar anda. seperti ketika anda sakit, ketika anda kepepet dan butuh pinjaman uang, pasti partner sekamar akan menjadi orang pertama yang menolong anda. jadi cari teman yang perhatian ya sobat karena di perhatiin itu perlu.
3. Cari warung makan yang murah
Makan menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa disepelekan. Karena harga makanan juga akan sangat menentukan kondisi keuangan di akhir bulan nanti. Solusi berhemat di poin ini adalah anda harus survey terlebih dahulu warung atau tempat makan di sekitaran kos yang memiliki banyak pilihan menu dan tentunya harga murah. Selain murah anda juga harus perhatikan kebersihan tempat makan itu. jangan hanya asal murah tetapi anda akhirnya harus sakit karena makanan yang tidak higienis.
4. Memaksimalkan Fasilitas yang Disediakan Kos
Beberapa kos di kota yang harga sewanya terbilang murah maupun mahal biasanya dilengkapi fasilitas seperti dapur umum dan tempat mencuci. Untuk memaksimalkan penghematan anda harus bisa menggunakan fasilitas itu. Terutama dapur, terkadang anda harus bisa menahan diri untuk tidak makan diluar. solusi memasak makanan sendiri akan sangat berguna buat anda. Disini keahlian memasak anda akan terlatih. Tempat mencuci pakaian juga harus anda gunakan, jangan manja dengan menitipkan semua pakaian kotor anda di tempat laundry. Karena secara tidak terasa uang anda akan tersedot habis hanya untuk mencuci pakaian.
5. Kerja paruh waktu
Jika kalian mahasiswa dan kalian sedang melakukan magang. tips untuk menghemat kantong anda salah satunya adalh kerja paruh waktu anda bisa menghabiskan waktu sepulang magang dengan bekerja misalnya anda datang ke tempat jual bakso dan membantu mencucikan mangkuk yang kotor atau pekerjaan lainnya.
6. Buatlah Uang Kas Pribadi
Membuat uang kas pribadi sangat penting, untuk menunjang keuangan anda di akhir bulan nanti. jangan pernah sepelekan uang recehan, kumpulkan tiap koinnya ketika anda menerima uang receh. Uang kas ini nanti bisa anda belikan kebutuhan kecil seperti membeli air galon, mengisi gas di dapur, bisa juga dipergunakan untuk membayar iuran wifi bulanan. uang kas ini bisa juga anda manfaatkan ketika menghadapi situasi dimana anda sedang kepepet.
7. Cari Teman Terbaik Sebanyak Banyaknya
Inti dari anda kuliah bukan hanya sekedar menyelesaikan nilai akademik sebaik mungkin, akan tetapi ada yang lebih penting dari itu semua yaitu mencari teman. teman saat kuliah akan sangat menentukan masa depan anda. Karena jika salah pilih teman, bisa jadi kuliah anda tidak selesai bahkan berujung Drop Out. Teman yang baik bisa menjadi acuan dan motivasi anda untuk kuliah. Lingkaran sosial yang baik juga bisa menunjang karir anda saat nanti setelah wisuda. karena bisa saling bantu dalam hal mencari pekerjaan atau membuka usaha bersama sama. mereka juga bisa menjadi andalan anda saat butuh bantuan finansial.
8. Menabung dan Bawa uang Cash Secukupnya
Inti dari hemat bukan hanya tentang pengeluaran tetapi juga cara menyimpan. Anda harus menabung dimulai dari sekarang. Tabungan ini akan sangat penting untuk masa depan anda nanti. Selainm menabung tips lainnya yaitu bawalah uang cash secukupnya dalam dompet. Selalu pergunakan uang pas dalam membayar barang belanjaan.
Jangan suka menggunakan uang pecahan besar sehingga ketika dibelanjakan dan mendapat kembalian maka uang itu terpecah menjadi pecahan kecil, yang justru akan terlihat lebih banyak. Jika sudah seperti ini maka secara tidak sadar anda akan menganggap uang anda masih banyak dan anda akan dengan mudahnya mengeluarkan uang.
9. Dapatkan Beasiswa
Sebagai seorang mahasiswa anda dituntut untuk rajin dan pintar dalam segala hal. Perbaiki terus nilai akademik anda dan aktiflah mencari beasiswa. Beasiswa ini akan sangat penting karena bisa meringankan beban finansial anda maupun orang tua anda. Jika anda mendapat beasiswa maka uang yang seharusnya untuk kuliah bisa anda pergunakan untuk keperluan hal lain. ini juga bisa menghemat pengeluaran anda sehingga anda masih bisa menabung.
10. Mencuci Baju Sendiri
Jangan manja jadi anak kost. Anak kost itu wajib mandiri. Jangan terlalu mengandalkan jasa laundry. Menggunakan jasa laundry membuat kamu makin boros. Biar uangmu bisa dihemat untuk makan, kamu bisa mencuci bajumu sendiri, lagi pula, mencuci baju bisa dijadikan sebagai olahraga gratis.
11. Batasi Nongkrong di Kafe/Mall yang Menghabiskan Banyak Uang
Cara mengelola uang dengan baik anak kos yang selanjutnya adalah membatasi diri untuk nongkrong atau mengikuti kegiatan tak penting yang akan menghabiskan banyak uang. Dalam usaha kamu untuk berhemat, maka kamu perlu sekali untuk menghindari berkegiatan yang tidak penting selama kamu memiliki waktu senggang. Misalnya pergi ke mall, atau pergi ke kafe untuk nongkrong yang akan membuatmu berkeinginan mengeluarkan uang. Mungkin kamu bisa mengalihkan kegiatan tak penting tersebut dengan temanmu di sekitar kampus, mengikuti kegiatan di kampus, bermain di taman terbuka, atau ruang terbuka publik yang ada di kota rantaumu.
12. Membuat Jatah Pengeluaran Harian
Agar status keuangan kamu bisa terus terjaga, maka kamu pun harus bisa me-manage keuangan atau kasarannya memperkirakan uang yang dibutuhkan untuk setiap harinya. Misalnya saja, jika hari ini kamu akan berada di kampus seharian mungkin kamu bisa membawa uang saku hanya untuk sebatas ongkos transportasi jika kamu sehari-hari menaiki transportasi umum serta menyiapkan uang makan siang saja.
13. Membawa Bekal
Siapa bilang membawa bekal hanya dilakukan oleh para pelajar saja? Kamu tak perlu malu masih membawa makan dan minum sendiri di tas ketika sudah berstatus sebagai mahasiswa. Selain kamu bisa lebih berhemat, kamu juga bisa lebih yakin dengan kualitas kebersihan serta kesehatan dari makanan dan minuman bekal yang telah kamu bawa dari kos. Namun, disarankan kamu makan bekal di tempat yang tepat supaya tidak mengganggu aktifitas orang lain dan kamu pun bisa lebih leluasa menikmati bekal yang telah kamu bawa.
14. Menghemat Pemakaian Pulsa atau Kuota Internet
Di era modern seperti sekarang ini, hampir seluruh mahasiswa tentu sudah menggunakan smartphone. Tentu saja penggunaan smartphone agar bisa berjalan dengan sempurna membutuhkan kuota internet yang harus kamu beli dengan pulsa biasa. Harga kuota internet pun cukup beragam, tergantung dengan provider apa yang kamu gunakan. Namun, jika ditelaah hampir semua provider menawarkan harga kuota internet dengan harga yang cukup mahal oleh karena itu kamu pun harus menghemat penggunaannya jika tidak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk membelinya. baca juga : 5 Cara Menghemat Kuota 4G /3G /2G Terbaru
Harus selalu kamu ingat di kepala bahwa jatah internet yang kamu pakai saat ini adalah jatah untuk sebulan kedepan, jangan terlalu sering dipakai untuk mengunduh atau menonton video yang tidak penting. Tahanlah hasrat kamu tersebut sampai menemukan jaringan intenert gratis (WiFi). Hal ini juga berlaku untuk pemakaian pulsa biasa, jika tidak terlalu penting mungkin sebaiknya kamu tidak perlu mengirimkan sms dan menelpon temanmu.
15. Berpuasa
Meskipun anda menjalani hidup sendiri di kos, jangan sekali kali melupakan kewajiban anda sebagai orang yang beragama. Bagi anda yang muslim anda bisa mempraktekkan puasa di hari senin dan kamis. tips ini juga bisa anda tiru bagi yang beragama lain. Ketika anda berpuasa maka secara otomatis pengeluaran anda untuk urusan makan dan minum di hari itu bisa dipotong anggarannya. Anda hanya perlu sedikit bersabar menunggu maghrib tiba. Setelah itu anda bisa makan sepuasnya dengan menu favorit yang sudah anda persiapkan. baca juga : Aplikasi Kumpulan Niat & Do'a Bulan Puasa Ramadhan Lengkap
Nah itulah 15 Tips hemat anak KOS Terbaru buat anak kos kalian wajib baca artikel di atas, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. 
Jangan lupa berkomentar di bawah.
Buka Komentar

No comments

Terimakasih untuk semua sahabat yang sudah mampir di blog sederhana ini