Insomnia, Susah Tidur – Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Insomnia, Susah Tidur – Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Insomnia, Susah Tidur – Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Gangguan tidur, Insomnia. Pernahkah Anda mengalami keadaan dimana tubuh anda sangat lelah, sudah mencoba tidur tapi tetap tidak bisa terlelap? Atau Anda setiap harinya selalu terjaga hingga larut malam bahkan sampai dini hari baru bisa memejamkan mata dan barulah tertidur? Inilah yang di sebut dengan Insomnia.
Insomnia, Susah Tidur – Penyebab Dan Cara Mengatasinya
Menurut penelitian, umumnya Manusia menghabiskan waktu sepertiga dari masa hidupnya untuk tidur. Menurut para ahli, tidur terbaik untuk seseorang berkisar antara 6 sampai dengan  8 jam sehari.  Insomnia ditandai dengan gejala sulitnya untuk memulai tidur, dan sulit untuk mempertahankan tidur, dan terbangun terlalu pagi.

Gejala insomnia biasanya diikuti dengan gangguan fungsional ketika terbangun. Insomnia bukannya penyakit susah tidur, melainkan hanyalah sebuah gangguan saja. jadi, mulai sekarang jangan terlalu khawatir dengan insomnia. Walau bukan termasuk sebuah penyakit, insomnia tetap saja membuat seseorang merasa kurang nyaman, apalagi jika berlangsung selama berhari-hari.

Penyebab Insomnia

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengobati insomnia, maka kita perlu memahami terlebih dahulu penyebab insomnia yang membuat kita menjadi susah tidur.  

Penyebab susah tidur ini bisa disebabkan akibat beberapa hal seperti dibawah ini :

1. Ketakutan
2. Kecemasan
3. Rasa nyeri
4. Tekanan jiwa atau stres dan depresi
5. Lingkungan yang kurang nyaman.
6. Beberapa jenis obat-obatan tertentu akan memberikan efek samping tidak bisa tidur pada penderitanya.
7. Pola makan kurang baik
8. Makanan kafein, alkohol, dan nikotin
9. Kurang aktivitas
Selain itu, di beberapa kasus, Penyebab insomnia yang lain adalah yang berkaitan dengan kondisi spesifik seperti :
1. Usia lanjut biasanya akan terjadi pada mereka yang memasuki usia 60 tahun ke atas
2. Wanita hamil
3. Kelainan kronis  seperti penyakit diabetes, sakit ginjal, arthritis atau nyeri sendi dan juga beberapa penyakit yang mendadak datang dan membuat penderitanya menjadi susah tidur.

Jenis-Jenis Gangguan Insomnia

Secara garis besar insomnia diklasifikasikan menjadi tiga jenis yang berbeda, sesuai dengan gejala medis ataupun psikologis penderita. Adapun ketiga jenis tersebut antara lain:

1. Insomnia temporer
Gejalanya berlangsung cukup singkat, kurang dari seminggu saja. Biasanya insomnia ini disebabkan karena faktor stres.

2. Insomnia akut
Gejalanya berlangsung kurang lebih sekitar 1 bulanan. Penderita akan sangat sulit untuk memulai tidur atau mempertahankan tidurnya meskipun sebetulnya kondisi memungkinkan.

3. Insomia kronis
Gejala susah tidur berlangsung lebih dari 1 bulan. Karena jarang tidur, penderita biasanya akan mengalami halusinasi dan melihat hal-hal yang aneh.

Cara ampuh mengatasi susah tidur/Insomnia :

1. Cobalah untuk tidur pada jam yang sama setiap malam
Usahakan anda memiliki jam tidur yang teratur, Misalnya setiap jam 10 malam.  Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi insomnia, karena tubuh manusia memang dirancang dengan jam biologis dan membutuhkan rutin tidur yang baik.

2. Buat suasana kamar lebih nyaman
Aturlah kondisi kamar anda senyaman mungkin. Kamar yang berantakan dan kotor sangatlah berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Bagi laki-laki mungkin kamar berantakan adalah hal biasa. Akan tetapi, bila akhir-akhir ini kamu mengalami susah tidur sebaiknya buat kamar menjadi lebih nyaman lagi.

3. Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, menjelang malam
Banyak yang mengira minum teh hangat atau coklat panas menjelang tidur akan memudahkannya terlelap. Kenyataannya, Anda justru tidak akan dapat mengatasi insomnia dengan teh dan coklat karena kandungan kafeinnya. Hindari makan berlebihan di malam hari khususnya menjelang tidur.

4. Hindari minuman beralkohol menjelang tidur
Beberapa kasus seseorang yang mengalami insomnia memilih untuk meminum alkohol menjelang tidur, mereka beranggapan bahwa alkohol dapat membantu tidur menjadi nyenyak. Memang benar alkohol dapat membuat kamu merasa ngantuk, tapi tidak untuk tidur pulas semalaman. 

Bahkan kondisi insomnia kamu akan diperparah lagi dengan munculnya halusinasi tidak jelas akibat alkohol. Jadi Alkohol bukanlah cara yang tepat untuk menghindari insomnia, Justru alkohol itulah yang bisa memperburuk kondisi susah tidur kamu. So mulai sekarang Hindari minuman beralkohol menjelang tidur

5. Khususkan tempat tidur hanya untuk tidur
Sebisa mungkin, jangan bawa pekerjaan Anda ke tempat tidur, atau menonton televisi dari tempat tidur. Televisi dan komputer adalah salah satu faktor yang paling menyulitkan seseorang mengatasi insomnia.

6. Jauhkan gadget dari tempat tidur.
Membawa gadget ke tempat tidur merupakan salah satu kebiasaan buruk masyarakat modern saat ini karena gadget bisa membuat anda tidak fokus untuk istirahat. Gadget tidak hanya mengganggu tidur, tetapi juga dapat menggangu organ kita yang lainnya seperti seperti otak dan dapat menurunkan fungsi organ-organ seksual karena radiasi yang dihasilkan oleh telpon genggam ataupun gadget lainnya.

7. pergi ke tempat tidur dengan pikiran tenang dan jernih tanpa beban
Setelah beraktivitas seharian terkadang banyak sekali beban hingga menjadikan seseorang menjadi stress, banyak pikiran dan cemas terhadap sesuatu. Nah jika anda memposisikan diri anda dalam kondisi ini bisa di pastikan anda akan mengalami gangguan tidur. 

Oleh karena itu, Usahakan untuk melupakan semua beban anda sejenak dan cobalah berpikiran tenang ketika menjelang tidur, Hal ini akan membantu anda mengatasi insomnia.

8.Matikan lampu dan pastikan agar tidak ada suara-suara yang dapat mengganggu.
Hal ini sebenarnya sepele tapi kondisi kamar yang redup atau gelap sangat membantu dalam proses tidur, serta kondisi kamar yang tenang dari suara-suara yang mengganggu akan menjadikan tidur anda lebih lelap.

9. Posisikan tubuh lebih baik
Posisi tidur juga menentukan, Aturlah posisi tidur anda senyaman mungkin. Ini untuk menghindari anda tiba-tiba terbangung di malam hari.

10. Lakukan aktifitas santai sebelum tidur
Jika dalam waktu setengah jam sejak Anda merebahkan diri Anda belum juga terlelap, cobalah bangun dan lakukan aktifitas yang santai, seperti membaca buku, sampai Anda mengantuk. Jangan melakukan aktivitas yang menguras pikiran.

11. Atur pernapasan agar lebih dalam dan panjang   Itu dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Banyak yang terbantu untuk mengatasi insomnia dengan cara ini.

12. Menetralisir suara
Terkadang ketika kita tidur dan hampir terlelap seringkali kita kembali terjaga karena adanya suara bising, baik itu berupa Suara kendaraan, anjing menggonggong, tetesan keran, jam dinding, dan sebagainya. 

Oleh sebab itu, sebaiknya netralisir suara-suara yang terdengar tersebut ketika kamu hendak tidur. Misalnya dengan menutup kamar rapat-rapat dan memakai penutup telinga alias ear plugs.
Hindari mendengar musik selama tidur, meski ada beberapa orang yang terbantu dengan mendengar musik selama tidur tapi sebenarnya musik akan membuat anda terus terjaga.

11. Banyak minum air putih
Susah tidur salah satunya juga bisa disebabkan karena tubuh dehidrasi alias kekurangan cairan. Idealnya kita wajib mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari atau 8 gelas. Semakin banyak mengonsumsinya maka akan semakin baik bagi kesehatan.

Jika kamu jarang minum, berarti insomnia yang kamu alami disebabkan karena kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, lebih baik konsumsi air putih sebanyak mungkin, bila perlu tambah dengan susu.

12. Mandi air hangat
Banyak manfaat mandi dengan air hangat, Hal ini karena mandi air hangat bisa membuat pikiran lebih rileks? Menurut penelitian uap panas yang dihasilkan oleh air dapat merileksasi otot-otot dan saraf dalam tubuh, sehingga membuat kita merasa lebih nyaman.Inilah solusi bagi kamu yang mengalami insomnia.

Cobalah meluangkan waktu 30 menit untuk mandi air panas. Bila perlu, campur air tersebut dengan mawar dan gunakan untuk berendam. Konon, air rendaman mawar dapat membuat pikiran lebih rileks.

13. Hindari melihat ke arah jam
Mungkin beberapa diantara kamu memilih memasang jam dinding dalam kamar tidur, dengan tujuan agar bisa terbangun tepat waktu. Akan tetapi, sebetulnya ini justru akan membuat kamu susah tidur alias insomnia, apalagi jika jam dinding tersebut berhadapan langsung dengan pandangan saat tidur.

14. Jangan terlalu terobsesi dengan tidak bisa tidur
Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang yang terlalu khawatir soal tidak bisa tidur biasanya adalah yang paling kesulitan mengatasi insomnia. Ingatlah, meski insomnia adalah penyakit yang cukup serius, namun itu dapat diobati.

15.  Tingkatkan aktivitas Anda di siang hari
Dengan lebih aktif di siang hari, Anda akan lebih mudah untuk terlelap di malam hari. Tentu saja, untuk mengatasi insomnia, jenis aktifitas yang dibutuhkan adalah aktifitas fisik. Peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh akan membutuhkan istrirahat.

16. Olahraga teratur
Secara tak langsung, olahraga sebenarnya dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Semakin banyak aktivitas fisik yang kamu lakukan, maka akan semakin besar tuntutan tubuh untuk beristirahat. 

Keadaan tubuh yang lelah sehabis olahraga inilah yang akan membuat kamu tertidur nyenyak di malam hari. Maka dari itu, luangkan waktu 30 menit di pagi hari untuk berolahraga. Olahraga selain membuat badan anda sehat juga sangat ampuh mengatasi Insomnia.

Demikian Informasi seputar Gangguan tidur, Penyebab Insomnia dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar

No comments

Terimakasih untuk semua sahabat yang sudah mampir di blog sederhana ini