Cara Flash HP Asus Zenfone C Z007 Menggunakan PC Via ADB

Cara Flash HP Asus Zenfone C Z007 Menggunakan PC Via ADB

Asus Zenfone C Z007 (zc451cg) adalah salah satu seri dari ponsel smartphone asus, tipe hp yang satu ini Bisa di flash dengan 2 cara yaitu Flash via aplikasi lewat program Asus Flashtool dan Flash tanpa aplikasi yaitu via CMD atau fastboot mode.

Hp asus zenfon c jika ingin sobat flash dengan cara yang akan saya bagikan ini?tapi harus menggunakan PC/Laptop ya karena jika tidak maka tidak akan berhasil,
Ada juga si beberapa smartphone yang melakukan flash tanpa PC biasanya menggunakan metode Recovery Mode.

Kan asus zenfon c juga bisa pake recover mode?
walaupun bisa dilakukan melalui recovery mode, tapi tetap harus memakai komputer / laptop untuk perintah husus yang di lakukan melalui CMD di komputer atau pc tersebut.
Baca Juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Video Di Instagram (IG)
Apa sih mas kegunaan flash hp itu? Kegunaan dan manfaatnya banyak seperti mengatasi hp bootloop, hang/eror, dan kerusakan pada bagian frimware yang lainya.

Menurut admin cara flash menggunakan flash tool lebih mudah, namun sayangnya tidak semua android mendukung cara ini, jadi langsung saja simak tutorial berikut:

Cara Flash HP Asus Zenfone C Z007 Menggunakan PC Via ADB


Untuk bisa melanjutkan ke cara melakukan flahing sobat membutuhkan beberapa komponen utuk melakukan flash pada Asus Zenfone C Z007 & Bahan-bahan yang harus di siapkan untuk melakukan flashing Asus Zenfone C Z007
  • Adb installer : Adb setup | Zip Share
  • Driver : Adb usb driver | Disini
  • Download Firmware : Asus zenfone c Z007 (zc451cg) | Google Drive
Cara Flashing Asus Zenfone C Z007 via fastboot mode
Langkah yang pertama silakan sobat download lalu extrak terlebih dahulu bahan-bahan yang sudah di dapat tadi di atas, terserah mau di letak kan di drive atau folder mana dalam komputer sobat.

Untuk memudahkan dalam pencarian nantinya, sebaiknya sobat taruh jadi satu dalam satu folder pada laptop,
Tujuanya supaya sobat tidak bingung mencari file yang di perlukan untuk proses flash nanti.

Akan saya jelaskan prosesnya harap baca dengan teliti tidak usah terburu-buru, ikuti langkah demi langkah dengan seksama utamanakan membaca sampai slesai.

1# Cara Pertama


Install adb setup yang sudah di download dan di extrak tadi -> klik kanan "Run as administrator" ikuti perintah nya ketik y lalu enter ulangi langkah ini sampai "All Done"

Do you want to install adb and fastboot? (Y/N) ketik y lalu tekan enter pada keyword
Install ADB system-wide (Y/N) ketik y lalu tekan enter
Do you want to install device drivers? (Y/N) ketik y lalu tekan enter.

Setelah itu akan Muncul jendela baru untuk mengistal driver, klik next saja lalu finish. Setelah selesai restart komputer atau pc sobat.

Jika komputer atau pc telah slesai proses restarnya silakan pergi ke folder adb di dalam drive C di PC sobat.

Kalau sudah ketemu Lalu salin folder adb tersebut dan paste kan ke drive D. Folder adb di drive C tersebut, merupakan hasil dari menginstal adb installer di langkah pertama tadi.
yang Berisi 4 buah file yaitu:
  • Adb
  • AdbWinUsbApi.dll
  • AdbWinApi.dll
  • Fastboot
Cari folder firmware Asus zenfone c Z007 yang sudah di extrak tadi. Di dalam folder firmware tersebut pilih 4 file yaitu:
  • Boot.img
  • Recovery.img
  • Fastboot.img
  • System.img
Silakan sobat mayuf salin atau copy 4 file tersebut dan paste kan ke dalam folder adb yang di drive D hasil copy dari drive C tadi. Sehingga 4 file ini bercampur menjadi satu folder dengan 4 file yang berada di dalam folder adb tersebut.

Klik sembarang dulu pada ruang kosong dalam folder ini Setelah itu buka CMD untuk melakukan perintah fastboot dalam folder ini, dengan cara tekan tombol Shift+Klik Kanan lalu klik pilihan Open Command Windows Here

2# Cara kedua


Sekarang ambil hp Asus Z007 yang hendak di flash atau di instal ulang, pastikan ponsel Asus Zenfone C Z007 dalam keadaan off, Jangan lupa juga Pastikan daya baterai pada ponsel Asus Zenfone C Z007 terisi minimal 50%.

Silakan tekan dan tahan tombol Volume atas + Tombol power secara bersamaan.
Setelah menyala dan logo asus sudah muncul, segera lepaskan hanya tombol power.. sedangkan tombol volume tetap di tahan.

Setelah masuk ke droidboot mode / fastboot mode , baru lepaskan tombol volume. Sekarang hp dalam posisi fastboot mode. Setelah itu colokan kabel usb dari komputer ke hp tersebut. Di harapkan anda mengunakan kabel USB original Asus Zenfone C Z007

Kembali ke CMD pada komputer atau kaptop sobat, lakukan perintah pada cmd untuk menghapus semua data di hp dengan cara mengetik kode di bawah ini:
"fastboot erase cache" lalu klik enter
"fastboot erase user data" enter
"fastboot erase system" enter
"fastboot reboot-boatloader" enter
Jika sudah melakukan printah Tunggu sebentar, hp akan reboot otomatis dan kembali ke fastboot mode. Masih di jendela pada CMD dikomputer, Lakukan perintah untuk flashing ke hp dengan cara mengetik :
fastboot flash boot boot.img -> lalu tekan enter
fastboot flash recovery recovery.img -> tekan enter
fastboot flash fastboot fastboot.img -> tekan enter
fastboot flash system system.img -> tekan enter.
Progres instalasi Asus Zenfone C Z007 sedang berlangsung silakan sobat mayuf tunggu hingga prosesnya slesai, Untuk proses instalasi ini agak lama sekitar 5 sampai 7 menitan, sobat pastikan pc dan hp terus terkoneksi, kabel tidak tercabut dan lain sebagainya,
Baca Juga : Cara Flash HP SAMSUNG Galaxy J7 SM-J700F Via Odin Terbaru
Jika sudah selesai progress instalasinya silakan ketik fastboot reboot lalu tekan enter.

Jika sudah dilakukan cabut kabel usb sobat dan batrei pada hp, setelah itu silakan nyalakan ponsel sobat dan progress instalasi slesai,

sekian tutorial dari saya mengenai Cara Flash HP Asus Zenfone C Z007 Menggunakan PC Via ADB. Semoga ada manfaatnya dan sobat berhasil tanpa mengalami kesulitan.
Terimakasih ^_^